Sabtu, 16 Oktober 2010

MENYAJIKAN TEMPE MENDOAN

Oleh : Muhammad Rohman

Kita semua pasti setuju bahwa tempe adalah makanan paling popular di Indonesia. Selain memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, harga makanan ini sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Tempe mendoan merupakan makanan hasil olahan tempa yang banyak disukai. Khususnya masyarakat di daerah Banyumas, yang sangat menggemari makanan ini. Sekarang ini tempe mendoan telah banyak menyebar di daerah-daerah lain, sehigga makin digemari oleh masyarakat daerah lainnya.

Tempe mendoan biasanya dihidangkan sebagai menu cemilan. Karena lenih terasa nikmat disantap saat masih hangat sebaiknya makanan ini tidak disimpan terlalu lama setelah digoreng. Karena itu biasanya penjual tempe mendoan baru menggoreng jika ada yang memesan. Minyak yang digunakan untuk menggoreng harus cukup banyak sehingga seluruh tempe dapat tercelup, metode ini sering disebut teknik “Deep Frying”. Jika tidak dilakukan demikian, tempe akan lengket di wajan dan susah diangkat. Minyak goring sebaiknya tidak digunakan berulang-ulang. Jika minyak sudah mulai menghitam harus segera diganti karena akan mempengaruhi penampilan temped an berbahay bagi kesehatan.

Kebanyakan orang setuju bahwa tempe mendoan semakin terasa nikmat disantap bersama cabe rawit segar. Namun, tidak hanya itu. Sambal kecap dengan rasa lezat yang disajikan bersama tempe mendoan bisa membuat pembeli ketagihan untuk selalu menikmati makanan ini.

BAHAN-BAHAN
:
10 Bbuah tempe khusus mendoan

1 batang daun bawang, iris halus

100 gram tepung terigu

50 gram tepung beras
Air secukupnya

BUMBU YANG DIHALUSKAN :
3 butir kemiri

2 siung bawang putih

1 sendok the ketumbar

1 sendok the garam

SAMBAL KECAP
:
10 buah cabe rawit

3 siung bawang merah, ris tipis

5 sendok makan kecap manis

CARA MEMBUAT
:
  1. Campur tepung terigu dengan tepung beras, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
  2. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan irisan daun bawang ke dalam adonan tepung, aduk rata.
  3. Celupkan tempe mendoan ke dalam adonan. Angkat.
  4. Goreng temp eke dalam minyak panas. Pastikan seluruh bagian tempe tercelup ke dalam minya.
  5. Angkat saat masih setengah matang. Tiriskan. Hidangkan selagi hangat bersama sambal kecap atau cabe rawit segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar